Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, PS. Kanit Dikyasa Berikan Pengarahan Kepada Polisi Cilik

Polrestorajautara.com – Membangun pribadi yang disiplin pada anak-anak, tidak mudah. Sehingga perlu cara-cara tersendiri agar anak memahami disiplin dan menerapkannya pada kehidupannya sehari-hari.

Kepolisian Resort Toraja Utara di bawah kepemimpinan Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK, M.H juga punya program khusus bagi anak-anak untuk menerapkan kedisiplinan sejak dini yang dinamakan program ‘Polisi Cilik’ bertujuan guna membentuk karakter sejak dini ke arah lebih baik, bisa disiplin, lebih kompak dan bekerjasama,” Jumat (15/02/202″).

Adapun sasaran dalam program polisi cilik ini adalah siswa-siswi pada SD Lentera Harapan Jln. Pacuan Kuda Kec. Rantepao Kab. Toraja Utara.

Polisi cilik yang dikomandoi langsung oleh PS. Kanit Dikyasa Polres Toraja Utara AIPDA kadsman Kendek ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis mengenai kriminal, kehidupan sosial dan lainnya, tetapi dibekali praktek yang mengarahkan pada kedisiplinan.

Program ini merekrut 31 orang siswa sekolah dasar untuk dibentuk menjadi Polisi Cilik, “Satu pleton itu 30 orang ditambah 1 dantonnya (komandan pleton),” ucapnya.

“Contohnya baris-berbaris, kemudian ada pengarahan apabila menyeberang di jalan raya seperti apa. Anak-anak juga diajarkan untuk tidak mudah diajak apapun oleh orang yang tidak dikenal sebagai upaya pencegahan kejahatan penculikan terhadap anak-anak,” tambah Kanit Dikyasa.

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Toraja Utara AKBP yudha Wirajati, S.IK., M.H memberikan keterangan, Dengan program polisi cilik ini diharapkan anak-anak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Artinya, anak-anak bisa lebih waspada dan bisa menjaga dirinya sendiri ketika turun ke lingkungan sekolah atau lingkungan di luar rumahnya.

“Minimal dia bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Kita berharap dengan program ini akan terbentuk pribadi yang kuat, disiplin, mandiri dan baik. Ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” tutup AKBP Yudha.

(Humas Polres Toraja Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat