Kapolres Toraja Utara Ikuti Bincang Teras Negeriku Bela Negara Masa Kini

Polrestorajautara.com – Upaya bela ngara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sikap tersebut berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Kapolres Toraja Utara AKBP yudha Wirajati, S.IK,.M.H hadiri giat Bincang Teras Negeriku Bela Negara Masa Kini yang dilaksanakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Dinas Kominfo Toraja Utara bertempat di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Van Antonio Aris Van De Loosdrecht Rantepao Kab. Toraja Utara, Kamis (20/02/2020) pukul 09.00 wita.

Giat tersebut di hadiri oleh Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dinas Kominfo Toraja Utara Drs. Semuel Sampe Rompon MM, Perwakilan siswa siswi dari masing-masing SMA di Toraja Utara, SAPMA Pemuda Pancasila, KNPI Toraja Utara, GMKI cabang Toraja, Ikatan Mahasiswa Sangtiangkaran, Pemuda Anshor dan peserta sekitar 150 orang.

Adapun narasumber dalam giat tersebut yakni Kepala Subdit Informasi dan Komunikasi Polhukam Kominfo RI Dikdik Sadaka, Ketua Umum Gerakan Integritas Toraja Pdt. Johana R Tandirerung, serta Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H.

Dalam sambutannya, Kapolres Toraja Utara AKBP yudha Wirajati, S.IK,.M.H mengajak masyarakat khususnya pemuda sebagai generasi penerus bangsa bagaimana mengaplikasikan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa serta bagaimana pemuda mengisi kemerdekaan melalui hal-hal yang positif guna memajukan bangsa khususnya memajukan Toraja utara, dengan merawat persatuan Indonesia dari semua peluang perpecahan.

Saat diwawancarai usai kegiatan, Kapolres Toraja Utara AKBP yudha Wirajati, S.IK,.M.H menjelaskan dalam pelaksanaan pembelaan negara, seorang warga bisa melakukannya baik secara fisik maupun non fisik.

“Pembelaan negara secara fisik di antaranya dengan cara perjuangan mengangkat senjata apabila ada serangan dari negara asing terhadap kedaulatan bangsa”. terangnya.

Sementara, pembelaan negara non fisik adalah semua usaha untuk menjaga bangsa serta kedaulatan negara melalui proses peningkatan nasionalisme, tambahnya

(HUMAS POLRES TORAJA UTARA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat