Wakapolres Torut Pimpin Personil Gabungan Guna Evakuasi Tanah Longsor di Sa’dan Malimbong

PolresTorajaUtara.com – Wakapolres Toraja Utara (Torut) Kompol Mathius M Tappi, SH didampingi Kapolsek Sa’dan Balusu IPTU Lewi Tandi Arung pimpin tim gabung personil Polres Toraja Utara dan Polsek Sa’dan Balusu melaksanakan kegiatan bakti dalam rangka membuka akses jalan akibat bencana alam tanah longsor yang menutupi badan jalan yang menghubungkan Kecamatan Sesean dengan Kecamatan Sa’dan Balusu di Jln Poros Rantepao – Sa’dan Kel. Sa’dan Malimbong Kec. Sa’dan Kab. Toraja Utara, Rabu (08/04/2020) pagi.

Kejadian tanah longsor tersebut disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi ditambah dengan konstruktur tanah yang labil dan juga normalisasi saluran air yang tidak ada sehingga tanah yang berada di daerah tersebut tergerus oleh air hujan.

Proses pembersihan material tanah longsor bahu membahu dilakukan oleh Personil Polres Toraja Utara dan Polsek Sa’dan Balusu dipimpin oleh Wakapolres, Pihak Kecamatan dipimpin oleh Camat Sa’dan Bpk. Panggau Ponglabba, Babinsa dan Masyarakat setempat dengan menggunakan alat seadanya guna mempercepat terbukanya kembali akses jalan yang menghubungkan 2 kecamatan.

Saat diwawancarai di lokasi kejadian Wakapolres Toraja Utara KOMPOL mathius M Tappi, SH menjelaskan bahwa kurang lebih 3 jam kami melakukan pembersihan, hingga akhirnya akses jalan poros Sa’dan-Rantepao yang menghubungkan Kecamatan Sadan dengan Kecamatan Sesean tersebut sudah kembali dapat dilalui oleh kendaraan, baik itu kendaraan R2 maupun kendaraan R4 setelah Pemerintah Setempat mendatangkan 1 (satu) unit alat berat berupa loader.

Tidak ada korban jiwa maupun korban materil dalam kejadian tanah longsor ini, apabila curah hujan masih tinggi tidak menutup kemungkinan akan terjadi tanah longsor susulan di tempat tersebut bahkan di tempat lain di Wilayah Kecamatan Sa’dan, tambah Wakapolres.

Pemerintah Kecamatan Sa’dan dan Masyarakat setempatpun memberikan apresiasi atas upaya Polres Toraja Utara dan Polsek Sadan Balusu tersebut.

“Terima kasih kepada jajaran Polres Toraja Utara dan Polsek Sa’dan yang sudah terjun langsung bersama Warga membersihkan tanah longsor, sehingga akses jalan kembali normal,” ujar Camat Sa’dan.

Sementara itu pada tempat terpisah Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H mengingatkan khususnya kepada seluruh warga Kecamatan Sa’dan dan Kabupaten Toraja Utara pada umumnya untuk berhati-hati dalam melakukan perjalanan disaat cuaca kurang bersahabat.

Sedangkan bagi warga yang bermukim di sekitar area pegunungan agar lebih mawas diri dengan mempelajari mengenai keadaan tanah atau tanda awal sebelum terjadinya tanah longsor guna tidak adanya korban jiwa jika saja bencana tanah longsor kembali terjadi. “Bila sudah ada tanda, segera mengungsikan diri” tutup Yudha.

(Humas Polres Toraja Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *