Menuju Kampung Tangguh, Ini Yang Di Lakukan Polisi Untuk Lembang Salu Sarre

PolresTorajaUtara.com – Kesiapan Lembang Salu Sarre menuju Kampung Tangguh / Tongkonan Mangewa ditandai dengan pertemuan Pemerintah Masyarakat di Kantor Lembang Salu Sarre Kec. Sopai Kab. Toraja Utara. Kamis (11/06/2020).

Adapun yang hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Kasat Binmas Polres Torut AKP Puji Jatmika, Kapolsek Sopai Iptu Daud Masangka, Babinsa Kodim 1414 Tana Toraja KOPRAL Palabiran, Kepala Lembang Salu Sarre Andi Surawijaya S.H, Mewakili Puskesdes Salu Sarre Ibu Astrial Limbong Rura, serta Masyarakat Lembang Salu Sarre.

Dalam kesempatan yang diberikan Kapolsek Sopai IPTU Daud Masangka selaku penggagas Kampung Tangguh mengatakan Lembang Salu Sarre memiliki potensi pengolahan ketahanan pangan sebagai sarana kesiapan menghadapi pandemi yang berkepanjangan, sehingga Lembang Salu Sarre diharapkan mampu menjelma menjadi Kampung Tangguh atau Tongkonan Mangngewa.

Kasat Binmas AKP Puji Jatmika menambahkan Kriteria dari Kampung Tangguh meliputi kedisiplinan warga dalam menerapkan protokoler kesehatan pencegahan Covid, memiliki swadaya pengembangan varian komoditi ketahanan pangan, memiliki pelayanan kesehatan yang memadai dan tingkat Kamtibmas yang kondusif.

Ditempat terpisah Kapolres Toraja Utara AKBP yudha Wirajati, S.IK.,M.H manjelaskan, Program Kampung Tangguh merupakan salah satu program POLRI dalam menciptakan lingkungan kampung yang mampu bertahan dalam situasi Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Ada beberapa kriteria yang dipersiapkan, mulai dari ketahanan pangan, keamanan, kedisiplinan, pelayanan kesehatan serta pelayanan terpadu.

“Kampung Tangguh / Tongkonan Mangngewa ini merupakan kampung impian ditengah Pandemi Corona, dimana kedepannya warga akan disiplin menggunakan masker, memiliki sarana cuci tangan disetiap rumah, dan yang paling penting adalah memiliki sumber daya ketahanan pangan dalam menghadapi kemungkinan pandemi yang berkepanjangan,” terang Kapolres.

 

(Humas Polres Toraja Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *