HARI PAHLAWAN PONGTIKU KE-18, INI YANG KAPOLRES TORUT UNGKAPKAN

PolreaTorajaUtara.com – Personil Polres Toraja Utara dipimpin langsung oleh Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H melaksanakan Upacara Bendera peringati Hari Pahlawan Pongtiku ke-18 yang berlangsung di pelataran Makan Pahlawan Pongtiku, Pangala’ Kecamatan Rindingallo. Jumat (10/07/2020).

Dalam pelaksanaan upacara, bertindak selaku inspektur Upacara Bupati Toraja Utara DR. Kalatiku Paembonan, M.Si dan dihadiri oleh Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H, Dandim 1414 Tator LETKOL Czi Zainal Arifin, M.Han, Sekda Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M.pd, Kapolres Tana Toraja diwakili Wakapolres Kompol Jacob Lobo, Kajari Tana Toraja Jefri Penananging Makapedua S.H, M.H, Pejabat Eselon III dan II, Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara serta Camat se-Kabupaten Toraja Utara.

Setelah upacara bendera selesai kemudian dilanjutkan dengan prosesi Tabur Bunga di Makam Pahlawan Pongtiku.

Disela kegiatan tabur bunga, Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H saat diwawancarai mengatakan dalam momen memperingati Hari Pahlawan Pongtiku mari kita kobarkan semangat juang Pongtiku dengan ikut menjadi pahlawan dalam penerapan protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid-19.

Ditambahkan Kapolres Toraja Utara, dalam peringatan Hari Pahlawan Pongtiku ini, yang juga harus Kita tetap pertahankan ialah tetap menjaga persatuan dan kesatuan bukan dalam merebut kemerdekaan namun dalam ikut menyukseskan Pilkada 2020 di Kab. Toraja Utara yang aman, damai, dan sejuk.

Perlu untuk kita ketahui, Pongtiku lahir di Pangala-Toraja tahun 1846 dan meninggal di tangan serdadu Belanda tanggal 10 Juli 1907, ia dikenal dengan nama Ne’ Baso, yang adalah pemimpin dan gerilyawan Toraja dengan daerah operasi di Sulawesi selatan. tutup Akbp Yudha.

(HUMAS POLRES TORAJA UTARA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *