KAPOLRES TORUT HADIRI APEL KEHORMATAN DAN RENUNGAN SUCI DI TMP BUNTU LEPONG

PolresTorajaUtara.com – Apel Kehormatan dan Upacara Malam Renungan Suci dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Buntu Lepong, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Selasa (16/08/2021) malam, berlangsung khidmat.

Apel Kehormatan dan Renungan suci dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 76 tersebut diikuti oleh personil TNI/Polri serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Toraja Utara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Dandim 1414/Tator LETKOL Inf Amir Hairuman Tahupelasury, S.IP sedangkan Komandan Upacara Danramil 01 Makale LETDA Inf Marten.

Turut hadir dalam upacara renungan suci, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, S.E.,M.Si, Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong, ST, Ketua Pengadilan Negeri Tana Toraja Chairil Anwar, S.H.,M.H, Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja Erianto L Pundana.

Selain itu, Wakapolres Toraja Utara KOMPOL Marthen Buttu, SH, Wakapolres Tana Toraja KOMPOL Yacob Lobo, SH, Para Anggota DPRD Kab. Toraja Utara, Para Kabag Polres Toraja Utara, Para Kepala SKPD Kab. Toraja Utara, Para Danramil Jajaran Kodim 1414/Tator, serta Para Kapolsek Jajaran Polres Toraja Utara.

Makam yang biasanya tampak gelap dan sunyi, malam itu berubah dengan penerangan obor. Seluruh peserta apel memberikan penghormatan kepada arwah para pahwalan yang sangat berjasa bagi negara dan bangsa.

Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, S.IK,.M.H saat ditemui usai upacara malam renungan suci mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan, yang telah berkorban jiwa, raga dan harta benda untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Upacara ini untuk mengenang kembali jasa-jasa para Pahlawan Kemerdekaan yang telah mendahului kita karena berkat kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah, hingga kita bisa maraih nikmat kebebasan saat ini, jelasnya.

“Kami sebagai generasi penerus siap melanjutkan perjuangan untuk mengisi kemerdekaan. Semoga arwah para pahlawan senantiasa diberikan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa”. ungkap Kapolres

“Mari kita Kemerdekaan ini dengan meningkatkan semangat persaudaraan, jaga toleransi antar umat beragama dan golongan, serta jauhi paham-paham radikalisme yang dapat merusak dan memecah belah bangsa kita,” pungkasnya.

 

(Humas Polres Toraja Utara Polda Sulsel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *