POLRES TORAJA UTARA

PREDIKTIF – RESPONSIBILITAS – TRANSPARANSI BERKEADILAN

Tingkatkan Kemampuan Personel, Sat Samapta Polres Torut Gelar Latihan Dalmas

PolresTorajaUtara.com – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam penanganan aksi unjuk rasa, Satuan Samapta Polres Toraja Utara (Polres Torut) menggelar latihan kemampuan Dalmas (Pengendalian Massa), Selasa (30/08/2022).

Kegiatan latihan kemampuan dalmas tersebut dilaksanakan di Halaman Apel Mapolres Toraja Utara yang dipimpin oleh Ps. Kanit Dalmas Bripka Andi Arafah, dengan dipantau langsung oleh Kasat Samapta AKP H. Ismail Samad.

Usai kegiatan, Kasat Samapta Polres Toraja Utara AKP H. Ismail Samad, menerangkan kegiatan latihan dalmas ini dilaksanakan secara rutin dalam mempersiapkan diri dan mengantisipasi menghadapi unjuk rasa serta kesiapan dalam keadaan genting.

“Kegiatan yang Kami gelar merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin, anggota Dalmas ini sebagai pengendali masa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk mencegah massa masuk suatu lokasi tertentu atau objek vital,” ujar H. Ismail.

Pada latihan ini difokuskan latihan fisik, dalmas awal dan dalmas lanjutan yang disampaikan oleh Ps. Kanit Dalmas Bripka Andi Arafah sebagai instruktur.

“Materi yang diberikan yaitu teori dasar-dasar sikap dalmas lanjut sebagai sikap ditempat dengan menggunakan perlengkaan dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi dalmas,” lanjutnya.

Kasat Samapta berharap, latihan dan materi dalmas yang diberikan ini mampu dipahami dan dimengerti dalam rangka penanganan aksi massa yang tepat, selain itu juga untuk menghindari kesalahan prosedur di lapangan.

“Pelatihan dalmas ini juga bertujuan untuk melatih fisik serta kesiapan personel dilapangan pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya,” tutupnya.

(Humas Polres Toraja Utara Polda Sulsel)