POLRES TORAJA UTARA

PREDIKTIF – RESPONSIBILITAS – TRANSPARANSI BERKEADILAN

Tekan Angka Kriminalitas, Polsek Tondon Nanggala Ajak Masyarakat Aktifkan Kembali Poskamling

PolresTorajaUtara.com – Polsek Tondon Nanggala Polres Toraja Utara Polda Sulsel mengajak Masyarakat mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas dan mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan.

Ajakan tersebut disampaikan langsung oleh Kapolsek Tondon Nanggala IPTU Sette Marrung, S.H bersama Ps. Kanit Intelkam Polsek Tondon Nanggala AIPDA Robertus Pallullungan kepada Kepala Lembang Lilikira’ Markus Dumadi saat menggelar kegiatan patroli wilayah di Kecamatan Nanggala.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Tondon Nanggala mengajak untuk kembali mengaktifkan sistem keamanan di lingkungan agar kampung kita, rumah kita, menjadi aman, Rabu (06/09/2023).

Kapolsek mengatakan tugas menjaga keamanan lingkungan akan terlaksana dengan optimal apabila terjadi kerja sama antara Masyarakat dan polisi. Salah satu kendala yang dihadapi Polsek Tondon Nanggala dalam mengawal keamanan Masyarakat adalah jumlah personel yang masih terbatas.

IPTU Sette Marrung menilai siskamling dengan melibatkan peran aktif Masyarakat adalah salah satu cara efektif mencegah tindak kejahatan.

“Pelaku melakukan kejahatan karena ada niat dan kesempatan, Apabila kita melakukan pencegahan dengan baik akan lebih baik daripada menjadi korban kejahatan,” ujarnya.

Meski demikian Kapolsek memastikan Pihaknya akan tetap berperan aktif dalam menjaga keamanan Masyarakat.

Dijelaskannya, tujuan diaktifkan kembali Pos Kamling itu untuk menekan terjadinya segala bentuk tindakan kriminalitas, terkhusus pencurian seperti curas, curat, curnak dan curanmor.

ā€œPuji Tuhan program pengaktifan kembali Pos Kamling itu disambut baik oleh pihak pemerintah dalam hal ini Kepala Lembang Lilikira Markus Dumadi,ā€ katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta agar semua elemen Masyarakat memiliki rasa kebersamaan dan kepedulian untuk berperan dalam kegiatan Pos kamling tersebut,ā€ harapnya

Mudah-mudahan dengan keberadaan Pos Kamling ini, segala bentuk kejahatan bisa Kita atasi, Aamin, tutupnya.

 

(Humas Polres Toraja Utara Polda Sulsel)